Akan Dibuka Sejalur, Tol Bocimi Diupayakan Tetap Fungsional pada Mudik Lebaran 2024

0 0
Read Time:1 Minute, 11 Second

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memastikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) tetap beroperasi pasca longsor guna memperlancar arus mudik menjelang Idul Fitri 2024.

Hal itu diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Plt Gubernur Jabar Bej Machmudin saat meninjau penanganan darurat Tol Bocimi di KM 64+600 A yang rusak akibat longsor. Basuki mengatakan, penanganan sementara diawali dengan pemasangan sheetpile untuk memperkuat bagian tanggul jembatan yang ambruk.

“Untuk perawatan sementara, akan ditempatkan tumpukan sprei selama tiga hari ke depan dan ditutup terpal untuk melindungi dari hujan. Kemudian pada Senin (5/8) kita akan observasi kembali dan dilakukan uji beban. /4/2024), dalam keterangan resminya, jalur B akan ditutup untuk kendaraan kecil pada tahun 2024. Ia menegaskan, jalur tersebut bisa digunakan satu arah untuk kelancaran arus mudik saat Idul Adha.

Menurut Menteri Basuki, penggunaan jalur B satu arah diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas dari Jakarta-Ciawi hingga Cigombong dan Parungkuda/Cibadak. Teknis pelaksanaannya nanti akan dikoordinasikan dengan Kepolisian. Demikian pula arus balik juga akan dibuka langsung ke Jakarta. Kami juga umumkan tol dari Cigombong ke Parungkuda/Cibadak dan sebaliknya, kata Basuki.

Perawatan permanen yang sedang berlangsung akan dilakukan setelah masa pengembalian EID 2024, menurutnya, perawatan permanen akan selesai dalam dua hingga tiga bulan.

Basuki juga mengatakan, untuk menjamin keselamatan di ruas Tol Bocim, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga akan melakukan pemeriksaan menyeluruh di titik-titik rawan longsor di ruas Tol Bocim.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %