Bukan Cuma BPJS, Bikin SIM Juga Kini Harus Ada Sertifikat Mengemudi

0 0
Read Time:1 Minute, 36 Second

Jakarta, 5 Juni 2024 – Polisi akan segera menguji kepemilikan BPJS Kesehatan atau kepesertaan aktif JKN sebagai syarat menerima seluruh layanan Surat Izin Mengemudi (SIM), efektif Juli mendatang. Sebenarnya masih banyak syarat lain yang harus dipenuhi saat membuat SIM.

Persyaratan BPJS tersebut terkait dengan perubahan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023 menjadi Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Identifikasi Surat Izin Mengemudi.

TIDAK, aturan ini mengikuti Instruksi Presiden (INPRESS) No. 1 Tahun 2022. Inpres tersebut mengatur tanggung jawab masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam BPJS Kesehatan. 

“Sejak tanggal 1 Juli 2024 sampai dengan tanggal 30 September 2024,” kata Wakil Direktur Jenderal Polisi Faisal Andri Pratomo, Kepala Divisi Binyan, Wakil Direktur SIM, Direktorat Wilayah, Grup Angkutan Polisi.

Selain BPJS, SIM baru juga harus menyertakan ijazah sekolah mengemudi. Meski aturan ini sudah ada sejak lama, namun belum pernah diterapkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda. Brigadir Jenderal Polisi Dr. Yusari Yunus, pada bulan Juni 2023. Dikatakannya, membuat sim di Indonesia terbilang sangat mudah. 

Oleh karena itu, diperlukan surat izin mengemudi, agar pemohon dapat berkendara dengan baik di jalan raya. “Kenapa kami arahkan ke sana, kenapa? Indonesia memberikan kemudahan untuk mendapatkan SIM,” kata Yusri Yunus saat itu.

Kebiasaan berkendara yang sering diabaikan di jalan raya merupakan salah satu bentuk pelanggaran yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, angka kecelakaan diharapkan dapat ditekan akibat adanya peraturan ini.

Aturan ini mengacu pada Perpol No. 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi. Selain itu, pasal 9 huruf a poin nomor 3 Perpol No. 5 tahun 2021.

Dikatakan bahwa salinan sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi asli yang dikirim oleh sekolah mengemudi yang diakui harus diserahkan enam bulan sejak tanggal penerbitan. Judi online, saat diusut bagaimana provokasi polisi wanita penembakan suaminya di Espol Mojokerto, diketahui emosi Brigadir FN tidak terkendali karena korban sering menggunakan uang untuk membeli untuk bermain online. sarkarinaukrirojgar.com.co.id 10 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %