Benarkah Durian Tinggi Kolesterol? Ternyata Cuma Mitos, Ini Kata Ahli Gizi

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

sarkarinaukrirojgar.com, JAKARTA – Pernahkah Anda mendengar anjuran untuk tidak makan durian terlalu banyak karena mengandung kolesterol tinggi? Perubahan itu buruk. Guru Besar Gizi Sumber Daya Masyarakat dan Keluarga, Departemen Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir Ali Khomsan, MS menegaskan buah durian merupakan makanan nabati bebas kolesterol.

“Durian tidak mengandung kolesterol karena durian merupakan makanan nabati. Prof Ali mengatakan pada Senin (26/2/2024): “Kolesterol adalah makanan hewani”.

Menurut Ali, durian sama seperti buah-buahan lainnya dan merupakan salah satu jenis makanan nabati. Selain rasanya, buah dengan nama ilmiah Durio ini sangat kaya akan lemak sehingga bisa memperbaiki pola makan sehari-hari.

Meski demikian, Ali menegaskan, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi buah durian, terutama bagi orang yang mengalami kelebihan berat badan. “Durian merupakan makanan nabati yang banyak mengandung lemak, sehingga bagi yang mengalami obesitas sebaiknya tidak banyak makan durian,” ujarnya.

Selain itu, Anda juga harus berpikir dua kali jika lapar dengan buah berduri ini, karena dalam durian terdapat kandungan alkohol yang mudah membuat asam urat kambuh kembali. Durian merupakan salah satu buah tropis yang memiliki cita rasa unik dan disukai banyak orang. Namun karena baunya yang menyengat, sebagian orang memilih menghindari resep ini.

Menurut pakar gizi lulusan Universitas Indonesia, Dr Luciana Sutanto MS, Sp.GK, mengatakan dengan mengonsumsi durian dapat memberikan Anda vitamin, mineral, serat, dan gula seperti halnya mengonsumsi buah-buahan lainnya. Luciana menyarankan untuk mengubah porsi jika menggunakan durian untuk penyedap rasa, 1/6 meja atau 1/2 meja sayur.

Pada awal tahun 2024, buah durian akan tersedia di pinggir jalan dengan harga berbeda. Di Asia Tenggara, buah durian sering disantap sebagai makanan penutup. Menurut laman ayosehat.kemenkes.go.id, buah durian banyak mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin B, kalium, dan banyak triptofan, salah satu asam amino.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %