Dinkes DKI Belum Sebar Nyamuk Wolbachia di Jakbar, Ini Alasannya

0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

sarkarinaukrirojgar.com, JAKARTA – Dinas Kesehatan DKI Jakarta belum menyebarkan nyamuk pembawa bakteri Wolbachia di Jakarta Barat. Dinas Kesehatan DKI saat ini masih dalam tahap sosialisasi ke masyarakat.

“Kami masih melihat situasi dan kondisi sambil melakukan sosialisasi dan persiapan kepada masyarakat.” Sejauh ini belum menyebar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Menurutnya, penanggulangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) dilakukan dengan berbagai cara, namun yang terpenting adalah pengendalian nyamuk seperti pemusnahan jentik dan sarang nyamuk dengan menerapkan drainase 3M Plus, penutup, dan daur ulang. Ditambah aktivitas lain yang mencegah nyamuk Aedes aegypti berkembang biak dan menggigit.

Selain itu, kata Annie, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga melakukan inovasi pemberantasan nyamuk dengan menyebarkan nyamuk ber-Wolbachia. Namun dia masih dalam tahap sosialisasi di Jakarta.

“Karena ini sesuatu yang baru, maka sangat perlu kita lakukan sosialisasi dan memastikan masyarakat siap. Kami masih terus mengkaji kapan Jakarta siap menerapkannya,” ujarnya.

Diakuinya, nyamuk ber-Wolbachia sudah menyebar ke daerah lain, antara lain Semarang, Yogyakarta, Bantul, dan Bontang. “Di Jakarta, kami masih dalam tahap sosialisasi untuk mempersiapkan masyarakat agar bisa menerima dengan baik teknologi nyamuk Wolbachia,” ujarnya.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat jumlah kasus DBD hingga 26 Maret 2024 mencapai 2.306 kasus dengan penyumbang terbanyak adalah Jakarta Barat yakni 716 kasus. Disusul Jakarta Selatan (576), Jakarta Timur (562), Jakarta Utara ( 262). , Jakarta Pusat (172) dan Kepulauan Seribu 18 kasus.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta semakin gencar melakukan serangan pemusnahan sarang nyamuk (PSN) secara serentak dengan menerapkan gerakan 3M Plus di tujuh wilayah untuk menangani peningkatan kasus DBD. Jadi kemarin sudah ada SE (surat edaran) dari Sekda, mulai hari ini dan ke depan kita akan merazia PSN, kata Annie.

Menurut dia, razia PSN 3M Plus, yakni drainase, pembatasan, daur ulang, dan kegiatan lain yang mencegah perkembangbiakan dan gigitan nyamuk Aedes aegypti di berbagai lingkungan, harus terus ditingkatkan. Secara spesifik, kata Annie, yang berada di tujuh lokasi tersebut antara lain rumah tangga/perumahan, lembaga pendidikan, perkantoran, tempat umum, toko kelontong, fasilitas olah raga, dan fasilitas kesehatan.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %