Tanpa Diberi Telur, Ini Trik Agar Pisang Goreng Lebih Renyah dan Minim Serap Minyak

0 0
Read Time:2 Minute, 13 Second

sarkarinaukrirojgar.com, Jakarta Menyantap gorengan sambil bersenang-senang atau bercanda bersama teman memang nikmat.

Kebanyakan makanan yang digoreng memiliki rasa manis dan asin, seperti tempe, tahu, dan bakkan. Namun ada juga gorengan yang rasanya manis dan gurih seperti pisang goreng.

Pisang goreng dengan rasa dan teksturnya yang manis menjadi salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia.

Meski sangat populer, namun masih banyak orang yang melakukan kesalahan dengan membuat buah pisang yang cepat dingin dan menjadi terlalu kental.

Jika dibekukan saja, isi pisang gorengnya tidak akan halus dan lembut secara alami sehingga tidak enak.

Namun ada satu cara agar pisang goreng lebih renyah, tahan lebih lama, dan menyerap lebih sedikit minyak. Teknik ini dijelaskan secara detail oleh seorang YouTuber bernama Glentina Pasaribu.

Ingin tahu metode apa yang mereka gunakan? Berikut peringkatnya hingga Sabtu (6 Agustus 2024):

Untuk membuat pisang goreng ekstra renyah, berikut bahan-bahan yang diperlukan:

● 3 buah pisang tanduk.

● 4 sendok makan tepung.

● 3 sendok makan tepung beras, tepung jagung.

● Air secukupnya.

● 2 sendok makan gula.

● 1 sendok makan margarin dan baking powder.

● Sesuaikan garam sesuai selera.

Disarankan menggunakan tanduk pisang karena ukurannya yang besar. Namun jenis pisang lain seperti pisang Uli atau Kepok juga bisa diterima.

Lalu ada beberapa bahan lagi untuk menambah rasa: ½ sendok teh vanila dan 1 sendok teh biji wijen.

Untuk menyiapkan adonannya, langkah demi langkah Anda bisa langsung mencampurkan semua bahan kecuali pisang ke dalam mangkuk.

Tuangkan air secara perlahan sambil mengaduk campuran. Setelah adonan kental dan airnya habis, Anda bisa menambahkan pisang cincang untuk menutupi adonan.

 

Panaskan banyak minyak dengan api sedang dan masukkan irisan pisang ke dalam wajan satu per satu. Jangan lupa balik pisang gorengnya bila bagian bawah sudah menguning.

Setelah matang, segera keluarkan pisang gorengnya dan tiriskan airnya. Kini pisang goreng Anda renyah dan tidak berminyak, Anda bisa membaginya dengan teman-teman atau dijadikan camilan saat ledakan buku.

Pisang gorengnya walaupun agak dingin tetap renyah. Selain itu baunya juga sangat manis.

Aroma pisang raja yang kuat menambah cita rasa nikmat pada gorengan. Buahnya memiliki tekstur agak lembut dan kulit tebal.

Satu potong pisang goreng (20 gram) mengandung energi 70 kkal, protein 1 gram, karbohidrat 16 gram, serat 2 gram, dan gula 2 gram.

100 gram pisang panggang tidak memiliki kandungan kolesterol. Meski pisang goreng rendah kolesterol, minyak yang digunakan dalam proses menggoreng tetap bisa menghasilkan lemak jenuh yang tidak sehat.

Penggunaan tepung dalam proses memasak, seperti buah pisang, merupakan tradisi yang terkenal di masyarakat Portugis dan sering disajikan saat sarapan. Ketika bangsa Portugis tiba di Indonesia pada abad ke-16, mereka membawa serta tradisi kulinernya.

Pisang goreng sangat tinggi kalori sehingga sebaiknya dihindari sebagai camilan, terutama bagi individu yang sedang menjalani program diet.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %